Thursday, April 16, 2015

Mengenal Baret Pada TNI

Masing-masing satuan aparat keamanan TNI-Polri memiliki atribut yang berbeda-beda warna dan bentuk emblem yang dikenakan di kepala. Disini kita akan membahas tentang atribut yang selalu dipakai oleh aparat keamanan TNI-Polri yaitu Baret.

Baret merupakan salah satu atribut kepala dimana mempunyai arti tersendiri bagi setiap satuan sesuai dengan latar belakang masing-masing. Kebanyakan baret dikenakan oleh pasukan tempur dimana baret yang dikenakan oleh pasukan tempur selalu miring ke kanan. Mengapa baret yang dikenakan oleh pasukan tempur selalu miring ke kanan? Itu menjadi sebuah alasan dan menjadi sebuah pertanyaan bagi kebanyakan orang yang kurang mengerti dengan pengetahuan baret itu sendiri.

Baret yang selalu dikenakan oleh pasukan tempur ini miring ke kanan yang memiliki arti bahwa pasukan TNI “Siap Bertempur”. Di TNI sendiri terdapat 3 Matra TNI yaitu TNI AD, TNI AL dan TNI AU. Setiap matra TNI tersebut memiliki sebuah baret yang selalu dikenakan. Masing-masing satuan dalam TNI memiliki warna baret yang berbeda-beda.

Mari kita bahas satu persatu baret yang dikenakan masing-masing satuan yang merupakan kebanggan tersendiri bagi satuan maupun perorangan. Warna baret yang ada di Matra Darat :
  1. Kostrad (Komando Cadangan Strategi Angkatan Darat) : warna baret hijau dengan lambang Cakra Sapta Agni.
  2. Kopassus     (Komando Pasukan Khusus) : warna merah dengan lambang Tribuana Chandraca Satya Dharma.
  3. Infanteri         : warna hijau dengan lambang Yudha Wastu Pramuka.
  4. Kaveleri         : warna hitam dengan lambang Tri Daya Cakti.
  5. Arhanud (Arteleri Pertahanan Udara)  : warna coklat dengan lambang Vyati Rakca Bhala Cakti.
  6. Armed (Arteleri Medan) : warna coklat dengan lambang Tri Shandya Yudha.
  7. Zeni : warna abu-abu dengan lambang Yudha Karya Satya Bhakti.
  8. Perhubungan : warna hijau dengan lambang Cigrha Apta Nirbaya.
  9. Bekangad (Pembekalan Angkutan) : warna biru tua dengan lambang Dharmagati Ksatria Jaya.
  10. Penerbad (Penerbang Angkatan Darat) : warna merah dengan lambang Kuda Bersayap.
  11. Mabesad (Markas Besar Angkatan Darat) : warna hijau dengan lambang Kartika Eka Paksi.
  12. Mabes TNI (Markas Besar Tentara Nasional Indonesia) khusus yang berdinas di Mabes TNI anggoata semua wajib menggunakan baret warna hitam dengan lambang Tri Dharma Eka Karma sebagai perlengkapan pakaian dinas seragam.

Selain itu, Paskhas AU (Pasukan Khas Angkatan Udara) yang memiliki warna Oranye serta Pasukan Marinir yang memiliki baret warna jingga. Semua baret tersebut dipakai miring ke kanan dimana emblem terpasang disebelah kiri.

Kita lihat baret milik POM (Polisi Militer) yang memiliki warna biru muda, baret milik BRIMOB (Brigade Mobil) maupun milik korps RESERSE yang berwarna biru tua yang miring ke kiri. Mengapa baret dari satuan tersebut miring ke kiri? Adapun arti dari baret yang dipasang miring ke kiri yaitu baret yang dikenakan oleh pasukan yang memiliki tugas keamanan dan pengamanan serta penegakkan hukum.

Tiap-tiap baret tersebut harus ditempuh sesuai dengan fungsi dan korps masing-masing satuan yang dinamakan dengan Pembaretan. Arti dari Pembaretan itu sendiri ialah istilah untuk mendapatkan baret. Untuk mendapatkan baret di dalam organisasi TNI tidaklah mudah, karena harus memiliki ketrampilan dalam bertempur serta ketrampilan dalam kecabangan yang lain. Maka dari itu, Baret adalah suatu kebanggan bagi tiap-tiap satuan di TNI dan bagi prajurit itu sendiri.

No comments:

Post a Comment

今生缘 (jīn shēng yuán) Affinities of this life | Lyrics Translation

今生缘 (jīn shēng yuán) Affinities of this life | Lyrics Translation 作词/作曲/演唱: 川子 zuò cí/zuò qǔ/yǎn chàng:chuān zǐ Lyricist/Composer/Artist: Ch...