Sunday, June 5, 2016

Ringkasan Soal Essay beserta jawaban IPEM 4429-MANAJEMEN PELAYANAN UMUM | Universitas Terbuka

MANAJEMEN PELAYANAN UMUM
IPEM 4429


NAMA    : HENDRO YUGO UTOMO
NIM       : 019017XXX


Tugas : Buat Soal Essay beserta jawaban masing-masing modul sepuluh pertanyaan dari modul 1 hingga modul 9.


DAFTAR ISI SOAL :
M1 : “Pengertian Pelayanan Umum & Sistem Manajemen”
01
M2 : “Ruang Lingkup & Prinsip-Prinsip Pelayanan Umum Yang Berdaya Guna Dan Berhasil Guna”
05
M3 : “Pelayanan Umum, Hak Dasar, Pemerataan & Keadilan Sosial”
06
M4 : “Aktivitas Manajemen Pelayanan Umum”
07
M5 : “Peran Sdm Strategis Dalam Pelayanan Umum”
10
M6 : “Birokrasi Dan Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi”
13
M7 : “Penyelenggaraan Manajemen Pelayanan, Bentuk Dan Sasaran Layanan”
16
M8 : “Pengukuran Efektivitas Organisasi”
17
M9 : “Isu, Hambatan, & Arah Kebijaksanaan Pelayanan Umum, Serta Langkah-Langkah Yang Perlu Diambil”
19


MODUL 1 :
“PENGERTIAN PELAYANAN UMUM & SISTEM MANAJEMEN”

1.              Menurut J.Salusu, Organisasi terdiri atas Organisasi Bisnis, Publik, Dan Non-Profit. Jelaskan kedudukan organisasi non-profit diantara Organisasi Bisnis dan Organisasi Publik berdasarkan Fungsinya.?
             Jawaban,
             Organisasi Non-Profit dapat dikatakan berada diantara Organisasi Bisnis dan Organisasi Publik, ia bukan Publik (Pelayanan Umum/Masyarakat) dan juga bukan bisnis (Mencari Laba yang sebesar-besarnya), tetapi mengambil atribut dari keduanya.

2.              Masyarakat sebagai suatu keseluruhuan penerima pelayanan dari pemerintah, setelah memenuhi kewajibannya maka otomatis masyarakat membutuhhkan pelayanan yang efisien dan efektif sebagai perwujudan pemenuhan keinginan. Apakah yang dimaksud Pelayanan Efisien dan Pelayanan Efektif.?
             Jawaban,
             Pelayanan Efisien ialah pelayanan yang cepat dan memuaskan, sedangkan Pelayanan Efektif artinya layanan yang diinginkan sesuai dengan pelayanan yang diberikan oleh pemerintah.

3.              Sebutkan beberapa produk pelayanan menurut sifatnya.?
             Jawaban,
             Produk layanan privat; Produk layanan Publik; dan Produk layanan yang disediakan oleh Negara/Swasta.

4.              Kelompok sosial yang timbul atas dasar kepentingan bersama disebut masyarakat khusus. Sebutkan minimal 3 bentuk kepentingan beserta contohnya.!
             jawaban,
          ■.Berdasarkan Status (masyarakat mahasiswa, masyarakat pelajar, dan masyarakat awam); .berdasarkan lapangan kerja (masyarakat nelayan, masyarakat petani, masyarakat pegawai, dan masyarakat pekerja); .berdasarkan keahlian (masyarakat cendekiawan, dan masyarakat budayawan).

5.              Sebutkan faktor yang bersifat ideal modern yang menyebabkan timbulnya pelayanan umum, serta faktor yang bersifat material.
             Jawaban,
             Faktor ideal modern (mencakup rasa cinta dan kasih sayang; tolong menolong sesama; dan berbuat baik), Fakto material (Faktor-fakto yang perwujudannya menimbulkan hak dan kewajiban, baik kedalam maupun keluar).

6.              Menurut Keputusan Menpan Nomor 63/Kep/M.PAN/7/2003, untuk mencapai hasil maksimal, pelayan (pegawai) harus memperhatikan hal-hal/prinsip-prinsip, sebutkan apa sajakah prinsip yang terkandung dalam keputusan tersebut.?
             Jawaban,
             Kesederhanaan; Kejelasan; Kepastian Waktu; Akurasi; Keamanan; Tanggung Jawab; Kelengkapan Sarana Dan Prasarana; Kemudahan Akses; Kenyamanan; Kedisplinan, Kesopanan, Dan Keramahan.

7.              Apa Yang Dimaksud Dengan Kepentingan Umum dan Masyarakat Umum.!
             Jawaban,
             Kepentingan umum yakni himpunan kepentingan pribadi yang sama dari kelompok orang atau masyarakat, sedangkan masyarakat umum ialah kelompok masyarakat yang lebih besar dan bersifat nasional.

8.              Sebutkan perbedaan antara paradigma lama dan paradigma baru dalam hal pelayanan publik.!
             Jawaban,
             Perbedaannya terletak pada penempatan pimpinan puncak organisasi,  yakni pada paradigma lama pimpinan yang diutamakan/berada dipuncak bagan, sedangkan paradigma baru pimpinan berada paling bawah dan menempatkan pelanggan berada paling atas, dalam hal ini dapat ditarik inferensinya yakni pelayanan diutamakan dengan keinginan pelanggan.

9.              Apa sajakah yang menjadi sudut pandang pencerminan dalam pencapaian kualitas pelayanan prima.?
             Jawaban,
             Transparansi; Akuntabilitas; Kondisional; Partisipatif; Kesamaan Hak; Keseimbangan Hak Dan Kewajiban.

10.          Sebutkan 5 strategi (5 Core Strategies) yang dikemukakan oleh David Osborne dan Peter Plastrik.?
             Jawaban,
             Strategi Inti; Strategi Konsekuensi; Strategi Pelanggan; Strategi Kontrol; dan Strategi Budaya.

11.          Apa pengertian pelayanan umum?
             Jawaban,
             Pelayanan umum merupakan suatu usaha yang dilakukan kelompok atau seseorang atau  birokrasi untuk  memberikan bantuan dan kemudahan kepada masyarakat dalam rangka mencapai suatu tujuan tertentu.
               
12.          Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor apa penyebab timbulnya pelayanan umum!
             Jawaban,
             Ada dua faktor penyebab timbulnya pelayanan umum yaitu faktor yang bersifat ideal modern dan yang bersifat material. Faktor yang bersifat ideal modern meliputi adanya: rasa cinta dan kasih sayang, tolong menolong  sesamanya dan berbuat baik. Faktor materialnya akan menimbulkan hak dan kewajiban, baik ke dalam maupun ke luar organisasi. Hak ke dalam misalnya: Pertama, hak mendapatkan perlakuan yang sama atas dasar aturan yang  adil dan jujur. Kedua, hak atas penghasilan berdasarkan peraturan yang ada; ketiga, hak menjalankan ibadah di tempat kerja. keempat, hak istirahat sesuai dengan konvensi international labour organization (ILO), adalah hak perlindungan terhadap kesehatan dan keselamatan kerja. Sedangkan kewajiban ke dalam organisasi misalnya: Pertama, menyelesaikan tugas/pekerjaan yang dibebankan kepadanya dalam waktu yang telah ditetapkan. Kedua,  melayani keperluan orang yang berkepentingan, baik orang dalam yaitu pegawai maupun orang lain yang bukan pegawai dengan cara dan sikap yang sama. Ketiga, mentaati peraturan organisasi. Keempat, bersikap dan berperilaku sesuai dengan doktrin budaya organisasi.
               
13.          Jelaskan pengertian sistem pelayanan umum!
             Jawaban,
             Sistem pelayanan umum sebenarnya merupakan satu kesatuan faktor yang dibutuhkan dalam terselenggaranya suatu pelayanan umum. Sistem pelayanan umum ini terdiri atas empat faktor: pertama, sistem, prosedur dan metode; yaitu dalam pelayanan umum perlu adanya sistem informasi, prosedur dan metode yang mendukung kelancaran dalam   memberikan pelayanan. Kedua, personil, terutama ditekankan pada prilaku aparatur; dalam pelayanan umum aparatur pemerintah selaku personil pelayanan harus profesional, disiplin dan terbuka terhadap kritik dari pelanggan atau masyarakat. Ketiga, sarana dan prasarana; dalam pelayanan umum diperlukan peralatan dan ruang kerja serta fasilitas pelayanan umum misalnya ruang tunggu, tempat parkir yang memadai. Dan terakhir, masyarakat sebagai pelanggan; dalam pelayanan umum masyarakat sebagai pelanggan sangatlah heterogen baik tingkat pendidikan maupun perilakunya.
               
14.          Masalah-masalah apa saja yang dihadapi untuk memberikan pelayanan umum yang efektif dan efisien?
             Jawaban,
             Masalah-masalah yang dihadapi untuk memberikan pelayanan yang berdaya guna dan berhasil guna dapat dilihat  dari enam segi, yaitu pertama, segi aparatur pemerintah; kedua, segi masyarakat atau pelanggan; ketiga, segi  peraturan perundangan; keempat, segi mekanisme dan prosedur; kelima, segi sarana dan prasarana serta keenam,  segi dana
               
15.          Masalah-masalah apa saja yang dihadapi dari segi aparatur pemerintah untuk memberikan pelayanan umum yang  efektif dan efisien?
             Jawaban,
             Masalah yang dihadapi dari segi aparatur pemerintah, antara lain masih adanya perilaku yang tidak konsisten dan   konsekuen dari pimpinan tingkat atas sampai tingkat bawah, kurangnya disiplin, kurang profesional, baik   menyangkut keterampilan, keahlian dan tingkat pengetahuannya maupun kurangnya kesejahteraan berupa  penghasilan yang masih di bawah standar, serta kurangnya motivasi kerja; dan kurangnya keterbukaan.
               
16.          Masalah-masalah apa saja yang dihadapi dari segi pelanggan/masyarakat untuk memberikan pelayanan umum yang efektif dan efisien?
             Jawaban,
             Dari segi masyarakat atau pelanggan, masalah yang dihadapi adalah adanya tata nilai atau value system yang masih berlaku dalam masyarakat yang kurang mendukung peningkatan pelayanan umum; kurangnya keterbukaan dari anggota masyarakat; budaya masyarakat dan tingkat pendidikan anggota masyarakat yang beraneka ragam, sehingga tidak mendukung peningkatan pelayanan umum; kurangnya kedisiplinan dan tanggung jawab sosial masyarakat; pendapatan masyarakat yang belum memadai sehingga masih dirasakan tingginya biaya dalam memperoleh pelayanan umum; serta kurangnya kesadaran hukum masyarakat.
               
17.          Masalah-masalah apa saja yang dihadapi dari segi peraturan perundangan untuk memberikan pelayanan umum  yang efektif dan efisien?
             Jawaban,
             Masalah yang dihadapi dari segi peraturan perundangan antara lain adanya peraturan perundang-undangan berbagai sektor yang tumpang tindih dan dalam penerapannya oleh setiap sektor sangat memberatkan kepada masyarakat, di samping penyebarluasan informasi tentang peraturan perundangan tersebut masih kurang. Selain itu peraturan perundangan yang menyangkut kepegawaian, tidak menjamin pelaksanaan karier system.
               
18.          Masalah-masalah apa saja yang dihadapi dari segi mekanisme dan prosedur untuk memberikan pelayanan umum  yang efektif dan efisien?
             Jawaban,
             Masalah yang dihadapi dari segi mekanisme dan prosedur sehubungan dengan pelayanan umum misalnya: kurang  lengkap atau sempurnanya peraturan pemerintah, baik yang menyangkut juklak maupun juknisnya. Di samping itu  belum adanya sistem informasi yang mendukung terhadap kelancaran mekanisme dan prosedur dari suatu pelayanan umum. Adanya perbedaan kepentingan dalam tujuan pelayanan umum itu sendiri yaitu di satu pihak  merupakan pendapatan di lain pihak harus melakukan pelayanan kepada masyarakat. Terakhir, kurangnya  pengawasan dari atasan langsung.
               
19.          Masalah-masalah apa saja yang dihadapi dari segi sarana dan prasarana untuk memberikan pelayanan umum  yang efektif dan efisien?
             Jawaban,
             Masalah yang dihadapi dari segi sarana dan prasarana sehubungan dengan pelayanan umum, misalnya : tempat kerja  yang kurang memadai sehingga tidak menunjang pelaksanaan tugas. Kurangnya peralatan kerja secara kuantitatif maupun kualitatif dan teknologi sudah ketinggalan dan fasilitas pelayanan umum seperti ruang tunggu, tempat parkir kenderaan kurang memadai.
               
20.          Masalah-masalah apa saja yang dihadapi dari segi dana untuk memberikan pelayanan umum yang efektif dan  efisien?
             Jawaban,
             Masalah dana ini biasanya termasuk vital, mengingat aktivitas kegiatan tidak lepas dari dana. Masalahnya adalah  dana baik yang berasal dari APBN maupun APBD yang tersedia untuk membiayai berbagai kegiatan pelayanan  umum masih belum mencukupi.
               
21.          Langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk mengatasi kendala dalam pemberian pelayanan umum?
             Jawaban,
             Beberapa kiat dapat dilakukan misalnya, langkah untuk memperbaiki perilaku baik aparat pemerintah maupun  masyarakat bisa dilakukan dengan pengamalan nilai-nilai luhur agama menjadi budaya kerja. Kedua, melakukan  koordinasi dan sinkronisasi antarsektor dalam penerapan peraturan perundang-undangan untuk menghindari tumpang tindih dan duplikasi yang memberatkan bagi masyarakat. Ketiga, perlu pengembangan sistem informasi  manajemen, agar tidak terjadi kekurang jelasan informasi yang diperlukan dalam rangka peningkatan pelayanan  umum. Keempat, untuk meningkatkan sarana dan prasarana agar diutamakan sarana dan prasarana yang menyangkut pelayanan umum. Serta kelima, kesejahteraan pegawai perlu ditingkatkan sehingga memadai.
               
22.          Upaya apa yang dibutuhkan agar pelayanan umum menjadi efektif dan efisien?
             Jawaban,
             Upaya yang dibutuhkan agar pelayanan umum berdaya guna dan berhasil guna adalah perlu adanya: pertama,  kontrol terbuka. Kedua, upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanan secara terus menerus. Ketiga,  pengelolaan yang sederhana, murah, cepat dan profesional. Keempat, aparatur yang bersih, bertanggung jawab dan  profesional. Kelima, peningkatan kesejahteraan aparatur. Keenam, sistem informasi yang terbuka. Ketujuh,  penetapan perundang-undangan yang berlaku, dan kedelapan, partisipasi masyarakat.



MODUL 2 :
“RUANG LINGKUP & PRINSIP-PRINSIP PELAYANAN UMUM YANG BERDAYA GUNA DAN BERHASIL GUNA”

23.          Deskripsikan pengertian dari masing-masing istilah berikut, yakni Pelanggan, Complier, dan Stake Holder.
             Jawaban,
             Pelanggan ialah pelanggan utama/pemanfaat langsung dari suatu kegiatan yang berlangsung, atau ada yang disebut  dengan pelanggan sekunder yakni pelanggan yang secara tidak langsung merasakan manfaat dari suatu pekerjaan; Complier adalah subjek penegakan, mereka yang harus mematuhi hukum  dan peraturan; sedangkan Stake Holder adalah individu/kelompok yang memiliki kepentingan.

24.          Ada 3 pendekatan dasar yang bisa membuat organisasi dikatakan bertanggung jawab pada pelanggannya, sebutkan.!
             Jawaban,
             Memberi pilihan pada pelanggan; mengombinasikan strategi pelanggandengan konsekuensi; dan pemastian mutu pelanggan.

25.          Berikan pengertian dari pola pelayanan satu pintu dan pola pelayanan satu atap.?
             Jawaban,
             Pola Pelayanan Satu Pintu adalah pola pelayanan masyarakat yang diberikan secara tunggal oleh satu instansi pemerintah berdasarkan pelimpahan wewenang dari intansi pemerintah terkait lainnya. Sedangkan Pola Pelayanan Satu Atap adalah Pola pelayanan secara terpadu pada satu instansi pemerintah yang bersangkutan yang sesuai dengan kewenangan masing-masing.

26.          Pelayanan umum yang baik adalah pelayanan umum yang berdaya guna dan berhasil guna, apakah yang dimaksud dari keduanya.?
             Jawaban,
             Berdaya Guna apabila masyarakat konsumen merasa puas, tolak ukurnya ialah tidak ada/kurangnya keluhan masyarakat konsumen; sedangkan Barhasil Guna dapat ditandai dengan tidak adanya Calo.

27.          Sebutkan strategi pelayanan yang mampu memuaskan masyarakat pelanggan.?
             Jawaban,
             Memiliki Visi dan Misi pelayanan yang sifatnya sangat umum dan memiliki jangkauan jauh kedepan; memiliki tujuan dan sasaran pelayanan yang jelas; serta terdapat standar pelayanan dan ukuran keberhasilan pelayanan.

28.          Pelayanan kualitas bearti melayani konsumen dengan sesuatu yang berkualitas, jelaskan maksudnya.?
             Jawaban,
             Melayani konsumen dengan sesuatu yang berkualitas yaitu kualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan seleranya dengan memberi penghargaan bagi perilaku yang pro kuallitas, dan memberikan sanksi bagi perilaku yang anti kualitas.

29.          Bagi seorang pemimpin, apa yang menjadi strategi andalan kepemimpinan yang patut diperhatikan dalam menyukseskan Manajemen Mutu Terpadu (MMT), jelaskan mengapa.!
             Jawaban,
             Strategi utamanya ialah pemimpin tetap konsisten pada visi organisasi , karena komitmen adalah suatu inisiatif dari Manajemen Mutu Terpadu yang paling efektif.

30.          Mengapa bawahan dan semua orang dalam organisasi adalah tumpuan dari usaha kualitas.!
             Jawaban,
             Karena merekalah yang akan menentukan apakah kualitas yang dikehendaki, yaitu yang diinginkan oleh konsumen dapat dicapai atau tidak.

31.          Sebutkan indikator yang dapat dipergunakan untuk menilai kinerja pelayanan publik.!
             Jawaban,
             Keadilan (Equity); Responsivitas; Efisiensi Pelayanan; Serta Suap dan Rente Birokrasi.

32.          Apa yang anda ketahui tentang barang-barang privat dan barang-barang publik.!
             Jawaban,
             Barang-Barang Privat disediakan oleh anggota masyarakat, misalnya beras atau pangan. Sedangkan Barang-Barang Publik ialah jas-jasa perusahaan negara, misalnya litrik, telepon, transportasi, dan PAM.

MODUL 3 :
“PELAYANAN UMUM, HAK DASAR, PEMERATAAN & KEADILAN SOSIAL”

33.          Apa yang anda ketahui mengenai Hak-Hak Dasar dan Empat Kebebasan menurut Pasal 28 UUD 1945.!
             Jawaban,
             Hak Dasar ialah seperangkat hak yang melekat pada setiap orang, sejak orang itu dilahirkan. Empat Kebebasan menurut Pasal 28 UUD 1945 yakni Kebebasan Berserikat (Freedom of Association); Kebebasan Berkumpul (Freedom of Assembly); Kebebasan mengeluarkan pendapat (Freedom of Speak); dan Kebebasan mengeluarkan pendapat secara lisan (Freedom of The Pers).

34.          Hak Asasi Manusia, secara internasional telah dirumuskan oleh PBB dan diumumkan pada tanggal 10 Desember 1948 (Universal Declaration of Human Rights), seusai Perang Dunia II dan terdiri atas 30 pasal, dan merupakan Hak Asasi Generasi I, apakah maksudnya.?
             Jawaban,
             Pernyataan Hak Asasi Generasi I, yaitu suatu pernyataan konsep dasar mengenai hak asasi yang titik beratnya bersifat yuridis (Hukum), hak memperoleh keadilan, hak diadili dengan jujur, hak ikut serta dalam pemerintahan, hak praduga tak bersalah.

35.          Sebutkan beberapa kemungkinan tidak adanya layanan yang memadai.?
             Jawaban,
             Kurang kesadaran terhadap tugas/kewajiban; sistem, prosedur, dan metode kerja tidak memadai; pengorganisasian tugas pelayanan belum serasi; pendapatan pegawai tidak mencukupi; kemampuan pegawai yang tidak memadai, dan tidak tersedianya sarana pelayanan yang memadai.

36.          Sebagai pihak yang ingin memperoleh pelayanan yang baik dan memuaskan maka perwujudan pelayanan yang diharapkan ialah:
             Jawaban,
             Adanya kemudahan dalam pengurusan kepentingan dengan pelayanan yang cepat; memperoleh layanan secara secara wajar tanpa gerutu, sindiran atau untaian kata lain semacam itu yang nadanya mengarah pada permintaan sesuatu; mendapatkan perlakuan yang sama dalam pelayanan terhadap kepentingan yang sama; serta pelayan yang jujur dan terus terang.

37.          Kemukakan manfaat yang diperoleh ketika pelayanan yang diidam-idamkan oleh masyarakat yang dilayani telah terpenuhi/dilaksanakan dengan baik dan benar.?
             Jawaban,
             Masyarakat sangat menghargai korps pegawai yang bertugas dibidang pelayanan umum; Masyarakat terdorong mematuhi aturan dengan penuh kesadaran tanpa prasangka buruk; Ada rasa bangga pada masyarakat atas karya korp pegawai di bidang pelayanan umum; Kelambatan-kelambatan yang biasa ditemui dapat dihindarkandan ditiadakan; serta Adanya kelancaran dibidang pelayanan umum, gairah usaha dan inisiatif masyarakat.

38.          Berdasarkan tugas pokok atau misi, Syukur Abdullah (1986) membedakan birokrasi menjadi Tiga Kategori, sebutkan dan deskripsikan fungsinya.!
             Jawaban,
             Birokrasi pemerintahan umum (menjalankan tugas-tugas pemerintahan umum); Birokrasi Pembangunan (menjalankan salah satu bidang bidang sektor); dan Birokrasi Pelayanan (melaksanakan pelayanan/service langsung kepada masyarakat).

39.          Sebutkan tiga dimensi yang tercakup dalam masalah akses dalam konteks yang lebih Holistik.!
             Jawaban,
             Yakni Dimensi Kognitif; Dimensi Perilaku; dan Dimensi Birokratik-Administratif.

40.          Apa sajakah fakto-faktor yang tercakup untuk menelaah akses terhadap pelayanan publik kaitannya dengan pendekatan holistik.?
             Jawaban,
             Dimensi Kognitif; Struktur Sosial dalam mendapatkan Sumber Informasi; Dimensi Perilaku AKSES, dan Dimensi Institusional.

41.          Utarakan dimensi yang menyangkut kepuasan masyarakat pelanggan yang ingin dicapai dalam proses manajemen penyedian pelayanan.
             Jawaban,
             Tangibles (Fasilitas Fisik); Reliability (Kehandalan); Responsiveness (Daya Tanggap); Assurance (Jaminan); dan Emphaty (Empati).

42.          Identifikasikan penyebab ketidakpuasan masyarakat pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan oleh organisasi penyedia pelayanan.!
             Jawaban,
             Penyedia pelayanan tidak mengetahui apa yang diharapkan masyarakat pelanggan; Penetapaan standar pelayanan yang salah/kurang tepat; Kinerja pelayanan yang rendah; dan Apa yang dijanjikan tidak sesuai dengan apa yang diberikan.

MODUL 4 :
“AKTIVITAS MANAJEMEN PELAYANAN UMUM”

43.          Apa yang dimaksud dengan Aktivitas Manajemen?
             Jawaban,
             Aktivitas manajemen adalah aktivitas yang dilakukan oleh manajemen yang mampu mengubah rencana menjadi kenyataan, apakah rencana itu berupa rencana produksi atau rencana dalam bentuk sikap dan perbuatan.
               
44.          Sebutkan aktivitas yang menonjol dalam manajemen pelayanan umum!
             Jawaban,
             Aktivitas yang menonjol dalam manajemen pelayanan umum adalah: menetapkan sasaran untuk mencapai tujuan  organisasi. Menetapkan cara yang tepat serta melaksanakan pekerjaan dan menyelesaikan masalah.
               
45.          Apa perbedaan tujuan dengan sasaran?
             Jawaban,
             Dalam tujuan termasuk maksud, misi dan sasaran. Tujuan dapat diartikan sebagai kondisi jangka panjang yang diinginkan, yang dinyatakan dalam istilah yang umum dan kualitatif dapat seluruhnya dicapai, bisa terjadi hanya  sebagian saja yang dapat dicapai. Sedangkan Sasaran adalah suatu nilai yang akan dicapai melalui pelaksanaan dari beberapa kegiatan.
               
46.          Apa perbedaan maksud dengan misi organisasi?
             Jawaban,
             Maksud organisasi artinya untuk apa organisasi itu didirikan, biasanya tercantum dalam statuta organisasi yang merupakan hasil kesepakatan dasar dari orang-orang yang mendirikan organisasi. Sedangkan misi organisasi   adalah beban tanggung jawab yang harus dilakukan oleh organisasi.
               
47.          Sebutkan unsur-unsur penting dalam misi organisasi!
             Jawaban,
             Ada lima unsur penting dalam misi organisasi: Pertama, produk apa dan pelayanan apa yang akan ditawarkan. Kedua, apakah produk atau pelayanan yang ditawarkan itu dapat dan mampu memenuhi kebutuhan tertentu yang   memang diperlukan dan bahkan dicari karena belum tersedia selama ini. Ketiga, misi harus secara tegas  menyatakan publik mana yang akan dilayani. Keempat, bagaimana kualitas barang atau pelayanan yang hendakditawarkan dan Kelima, aspirasi apa yang diinginkan di masa datang.
               
48.          Mengapa misi dapat berbeda antara organisasi yang satu dengan organisasi yang lain, meskipun tujuan organisasi  itu sama?
             Jawaban,
             Pada dasarnya organisasi satu dengan lainnya mempunyai tujuan sama yaitu mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Sedangkan misi berbeda antara satu organisasi dengan organisasi lainnya yaitu organisasi swasta lebih cenderung menginginkan keuntungan semata sedangkan organisasi pemerintah lebih berorientasi pada pelayanan.
               
49.          Apa perbedaan misi dengan tugas organisasi?
             Jawaban,
             Pada misi ada unsur tanggung jawab sedangkan tugas bersifat formal.
               
50.          Bagaimana menetapkan cara yang tepat dalam pelayanan umum?
             Jawaban,
             Untuk menetapkan cara yang tepat hendaknya melalui metode penelitian dan percobaan, sehingga dapat ditemukan  cara yang paling tepat untuk keadaan pada waktu itu, aman dan efisien diantara beberapa alternatif cara. Khusus dalam tugas-tugas pelayanan, soal prosedur dan metode harus benar-benar menjadi perhatian manajemen, karena ia akan menentukan kua-litas dan kecepatan dalam pelayanan, baik pelayanan manual maupun pelayanan dengan menggunakan peralatan.
               
51.          Sebutkan teknik-teknik manajemen dalam mencapai tujuan!
             Jawaban,
             Ada beberapa teknik manajemen yang perlu diketahui dalam mencapai tujuan, antara lain: manajemen berdasarkan  sasaran atau yang lebih dikenal dengan sebutan Management by objectives/ MBO. Ada lagi manajemen berdasarkan hasil atau yang lebih dikenal dengan sebutan management by result/MBR. Manajemen berdasarkan sistem atau yang lebih dikenal dengan sebutan management by system/ MBS. Manajemen berdasarkan motivasi atau yang lebih dikenal dengan sebutan management by motivation/MBM dan manajemen berdasarkan pengecualian atau yang lebih dikenal dengan sebutan management by exception/MBE.
               
52.          Apa perbedaan management by objectives (MBO) dengan management by result (MBR)?
             Jawaban,
             MBO adalah teknik yang menggunakan pendekatan pada sasaran organisasi yang dijabarkan lebih lanjut menjadi sasaran unit kerja yang paling kecil. Unit-unit kerja tersebut setelah mengetahui sasaran yang akan dituju, lalu  membuat rencana pencapaian dan pengendaliannya bersama dengan unit kerja tingkat atasnya. Sedangkan MBR, sesungguhnya mempunyai perinsip sama dengan teknik MBO, hanya bedanya pada pendekatannya yaitu   pendekatan pada hasil dari organisasi yang tentunya dapat diukur dengan kata lain pendekatannya lebih nyata.
               
53.          Apa perbedaan management by systems (MBS) dengan management by motivations (MBM)?
             Jawaban,
             Teknik MBS menggunakan pendekatan pada teori sistem yang diberlakukan dengan lengkap di seluruh jajaran/unit organisasi. MBS mencapai sasaran melalui mekanisme sistem, karena itu sistem dengan prosedur dan metodenya  menjadi perhatian utama untuk ditata. Sedangkan teknik MBM mendasarkan pada pendekatan utama pada   pencapaian sasaran melalui sistem motivasi. Berbagai macam motivasi dikembangkan, baik yang bersifat material  seperti premi, bonus, jasa produksi maupun nonmaterial seperti mengembangkan: karier, keterampilan sehingga  menjadi alat perangsang aktivitas yang bersifat tetap.
               
54.          Pendekatan apa yang dipakai oleh management by exeptions (MBE)?
             Jawaban,
             Pendekatan yang dipakai MBE adalah bahwa dalam pengelolaan organisasi selalu ada hal-hal yang secara strategis  tidak dilimpahkan pada orang lain dan tetap berada di tangan pimpinan organisasi, meskipun secara teori pelimpahan wewenang itu dimungkinkan. Ingat tentang teori delegasi wewenang. Dalam teori tersebut dijelaskan  bahwa ada tugas dan wewenang yang hanya ditugaskan pada pejabat tertentu. Wewenang atau tugas yang tidak dilimpahkan itulah yang disebut pengecualian dalam teknik MBE.
               
55.          Bagaimana sifat pemecahan masalah dan pengambilan keputusan berdasarkan tingkat-tingkat manajemen?
             Jawaban,
             Berdasarkan tingkat-tingkat manajemen, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan dapat dibagi ke dalam  tiga sifat. Pertama, bersifat strategis konsepsional; ditangani dan dilakukan oleh manajemen tingkat atas. Kedua, bersifat taktis operasional; ditangani dan dilakukan oleh manajemen tingkat menengah dan bersifat teknis operasional; ditangani dan dilakukan oleh manajemen tingkat bawah.
               
56.          Jelaskan wewenang masing-masing tingkat manajemen (atas, menengah dan bawah)!
             Jawaban,
             Yang menjadi wewenang manajemen tingkat atas, misalnya pengembangan organisasi kebijakan jangka panjang mengenai personal, keuangan, produksi dan pemasaran. Yang menjadi wewenang manajemen tingkat menengah,  misalnya kebijakan jangka menengah mengenai personal, keuangan, peralatan, bahan, cara pelaksanaan yang efektif dan efisien. Dan yang menjadi wewenang manajemen tingkat bawah, misalnya kebijakan mengenai pengaturan tugas personal, pembelanjaan, penggunaan peralatan dan mesin, penggunaan perlengkapan, mengatasi masalah yang timbul dalam pelaksanaan pekerjaan secara teknis di lapangan.
               
57.          Jelaskan aktivitas pengendalian pelaksanaan tugas pelayanan umum!
             Jawaban,
             Aktivitas pengendalian pelaksanaan tugas pelayanan umum harus selalu dilakukan sejak permulaan sampai  berakhirnya tugas itu. Meskipun aktivitas pengendalian itu ditujukan pada kegiatan/proses, namun karena yang menjalankan kegiatan/proses itu pada dasarnya mengendalikan manusianya. Agar manusia dapat dikendalikan ke  arah tujuan bersama atau organisasi oleh manajemen maka syarat utama mereka harus dewasa dalam pekerjaan.
               
58.          Apa yang dimaksud dengan dewasa dalam pekerjaan?
             Jawaban,
             Kedewasaan terhadap pekerjaan maksudnya adalah adanya kemampuan melaksanakan tugas atau pekerjaan secara mandiri, rasa tanggung jawab, bermotivasi pada hasil karya dan kesediaan bertanggung jawab.
               
59.          Apa perbedaan pengendalian dengan pengawasan?
             Jawaban,
             Perbedaan pengendalian dengan pengawasan terletak pada unsur tanggung jawab. Pengendalian adalah proses atau  kegiatan menggunakan alat-alat ukur sebagai hasil dari pengawasan. Dalam pengendalian termasuk juga kegiatan pemantauan yaitu salah satu bentuk pengawasan. Sedangkan pengawasan itu sendiri adalah salah satu fungsi manajemen, tetapi tidak memberi misi tanggung jawab sebagaimana kegiatan pengendalian.
               
60.          Bagaimana cara melakukan evaluasi pelaksanaan kegiatan pelayanan umum?
             Jawaban,
             Evaluasi pelaksanaan kegiatan dapat dilakukan melalui sistem lapangan dan pengamatan di lapangan, juga perlu dicek dengan pertanyaan berikut: apakah kegiatan administrasi dan pelayanan itu sudah dapat memenuhi keinginan manajemen dalam rangka pencapaian sasaran? Apakah pelaksanaan kegiatan itu sudah lancar dan memuaskan  pihak yang bersangkutan? Bagaimana pendapat pihak-pihak yang memperoleh layanan administratif dan pelayanan itu? Cara lain yang dapat ditempuh untuk evaluasi pelaksanaan tugas pelayanan umum antara lain: menyediakan  kotak saran atau pengaduan untuk menampung segala jenis keluhan atau saran dari masyarakat mengenai pelaksanaan pelayanan. Mencari informasi langsung kepada orang-orang yang bersangkutan melalui cara "nguping" pada pembicaraan mereka serta penyebaran semacam angket kepada responden tertentu.

MODUL 5 :
“PERAN SDM STRATEGIS DALAM PELAYANAN UMUM”

61.          Dalam pembinaan sumber daya manusia, di fungsikan aparatur negara sebagai pelaksanaan dari pelayanan umum, salah satunya ialah dalam hal kepegawaiaan. Deskripsikan pemahaman anda mengenai kepegawaian negara.?
             Jawaban,
             Kepegawaian Negara adalah hal-hal yang berkenaan dengan kedudukan, tugas, hak, kewenangan, dan tanggung jawab sumber daya manusia selaku penyelenggara pemerintahan yang terdiri atas pegawai negeri dan bukan pegawai negeri/pegawai tidak tetap yang oleh pejabat negara diangkat untuk jangka waktu tertentu guna melaksanakan tugas pemerintahan dan pembangunan yang bersifat teknis operasionaldan administrasi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan organisasi.

62.          Sebutkan literatur/ciri-ciri dari pegawai negeri.?
             Jawaban,
             Pegawai negeri adalah mereka yang bekerja pada departemen, lembaga pemerintah dan non-pemerintah, sekretariat lembaga negara, instansi vertikal di daerah  provinsi, kabupaten dan kota, kepaniteraan pengadilan, instansi TNI, dan kepolisian; diperbantukan atau diperkerjakan pada daerah otonom, dan organisasi yang menyelenggarakan pelayanan publik lainnya; menyelenggarakan tugas negara lainnya, seperti hakim pada pengadilan tinggi; dan gajinya dibebankan kepada APBN atau APBD.

63.          Apa yang anda ketahui tentang pengertiian “political appointee” yang masuk dalam kategori pegawai tidak tetap.?
             Jawaban,
             Yaitu pejabat yang diangkat pada lembaga pemerintahan dengan tugas khusus membantu pejabat negara tertentu dan berstatus sebagai pejabat politik.

64.          Dengan adanya unsur ketidakpastian di masa depan, perencanaan pegawai menjadi sangat penting karena ada beberapa pengaruh atau tantangan yang harus diantisipasi, sebutkan dan jelaskan tantangan dan pengaruh yang ada.?
             Jawaban,
             Tantangan yang harus diantisipasi ialah pertama; tantangan internal yang bersumber pada perkembangan berbagai faktor dalam instansi itu sendiri yang dapat mempengaruhi perencanaan pengadaan pegawai, dan kedua ialah tantangan eksternal yaitu berbagai perkembangan diluar institusi, baik kualitas maupun kuantitasnya.

65.          Sebutkan dasar-dasar pelaksanaan perencanaan kebutuhan pegawai.?
             Jawaban,
             Perencanaan kebutuhan pegawai dilaksanakan dengan mendasarkan kepada memberdayakan secara optimal pegawai yang sudah ada dalam organisasi; memperhatikan beban kerja saat ini dan yang akan datang; memperhatikan kualifikasi pendidikan dan pelatihan; serta memperhatikan kebijakan umum pemerintah dalam pengadaan pegawai.

66.          Apa yang menjadi tujuan perencanaan SDM.?
             Jawaban,
             Untuk mengidentifikasi dan menggabungkan faktor-faktor perencanaan yang saling terkait, sistematik, dan konsisten.

67.          Upaya repositioning pada dasarnya merupakan transformasi peran yang menuntut kemampuan, cara kerja, cara berpikir, dan peran baru dari SDM. Untuk dpat melakukan proses repositioning dengan baik maka organisasi perlu mempersiapkan SDM yang mampu bersaing di masa depan. Ada dua proses repositioning yakni repositioning perilaku SDM dan repositioning Kompetensi SDM, berikan pengertiannya.?
             Jawaban,
             Repositioning perilaku SDM berkaitan dengan peningkatan inisiatif bekerja dalam diri seseorang dan untuk itu diperlukan etos kerja yang baik, sedangkan Repositioning Kompetensi SDM berkaitan dengan peningkatan kualitas SDM lengkap dengan SDM yang dibutuhkan.

68.          Untuk mencapai keunggulan kompetitif ada tiga strategi yang digunakan, sebutkan ketiganya dan bidangnya masing-masing.?
             Jawaban,
             Strategi inovasi, mengembangkan produk barang dan jasa yang berbeda dari kompetitor; Strategi kualitas, memiliki produk yang lebih baik walaupun produkunya sama dengan pesaingnya; dan Strategi pengurangan biaya, usaha perusahaan untuk menjadi produsen dengan harga penawaran produk rendah.

69.          Upaya repositioning kompetisi SDM dilakukan dengan mengubah pemahaman organisasi tentang peran SDM yang semula People Issue menjadi People Related Business Issue. Berikan pengertian keduanya menurut Schuller (1990).?
             Jawaban,
             People Issue didefinisikan sebagai isu bisnis yang hanya dikaitkan dengan satu orang saja, artinya eksekutif bisnis, kecualis eksekutif SDM tidak perlu terlalu banyak terlibat dalam perencanaan bisnis yang diambil. Sedangkan People Related Business Issue didefinisikan sebagai bisnis yang selalu dikaitkan dengan peran serta aktif SDM.

70.          Dalam pengelolaan organisasi dibutuhkan beberapa kompetensi SDM dalam hal kepegawaian dengan manajer, sebutkan apa yang menjadi kompetensi SDM tersebut.?
             Jawaban,
             Kompetensi berbasis input; kompetensi transformasional; dan kompetensi berbasi output.

71.          Sebutkan beberapa pertimbangan yang dipakai dalam upaya customerizing peran SDM.?
             Jawaban,
             Kondisi wajar segala aktivitas SDM; Agenda Aksi SDM; Implementasi Agenda Aksi SDM; dan Evaluasi dan Validasi aktifitas SDM.

72.          Pada pengelolaan dengan berorientasi pada pelayanan, dapat diwujudkan dengan Efisiensi dan efektivitas pengelolaan SDM, yakni melakukan kegiatan perancanaan pekerjaan bagi SDM dengan menggunakan tiga alternatif pendekatan.! Apa sajakah pendekatan tersebut dan pengertiaannya.?
             Jawaban,
             Pendekatan Mekanistik, yakni SDM diberikan pekerjaan yang Sederhana (Tidak memerlukan tingkat keahlian atau keterampilan yang tinggi), Terstruktur (Sangat jelas dan terarah), dan Spesialisasi (Tidak Bervariasi); Pendekatan Ergonomis; yakni merencanakan pekerjaan berdasarkan dimensi fisik tubuh manusia; dan Pendekatan Motivasioonal, yakni merancang pekerjaan harus didasrkan pada Characteristic Model.

73.          Sebutkan rentetan atau tahapan formasi pegawai dalam proses rekruitmen.?
             Jawaban,
             Analisis Kebutuhan Pegawai; Uraian Jabatan; Peta Jabatan; dan Anggaran Belanja Negara.

74.          Organisasi dimasa depan akan cenderung berbentuk datar (flat) dan ramping (lean).  Bentuk organisasi tradisional yang hierarki akan digantikan dengan bentuk jaringan (network) yang lebih memberdayakan kerjasama kelompok. Ada empat kondisi yang dibutuhkan organisasi agar organisasi yang demikian itu dikatakan berhasil, sebutkan kondisi yang dimaksud.?
             Jawaban,
             Misi; Kompetensi; Informasi; dan Budaya.

75.          Sebutkan Karakteristik beserta pengertianya masing-masing Kompetensi menurut Spencer And Spencer (1993).!
             Jawaban,
             Motives, sesuatu yang diimiliki seseorang secara konsisten berpikir dalam melakukan tindakan; Traits, watak yang membuat seseorang untuk berperilaku atau bagaimana seseorang merespon sesuatu dengan cara tertentu; Self-Concept, sikap dan nilai-nilai yang dimiliki seseorang; Knowledge, informasi yang dimiliki seseorang untuk bidang tertentu; dan Skill, kemampuan untuk melaksanakan sesuatu tugas tertentu baik secara fisik maupun mental.

76.          Dalam pengembangan karier, proses perolehan kompetensi telah dikembangkan untuk meningkatkan tingkat kompetensi karyawan, sebutkan langkah-langkahnya.?
             Jawaban,
             Recognition, suatu studi kasus dan simulasi yang memberikan kesempatan peserta untuk mengenali kompetensi yang dapat meningkatkan kinerja; Understanding, intsruksi khusus bagaimana kompetensi itu diterapkan; Assessment, umpan balik kepada peserta berapa banyak kompetensi yang dimilki, membandingkan kinerja aktual dengan kinerja yang ideal; Feedback, umpan balik dari peserta yang melakukan praktik kompetensi; dan Job Application, peserta menetapkan tujuan dan mengembangkan tindakan spesifik agar dapat menggunakan kompetensi didalam kehidupan nyata.

77.          Sebutkan beberapa kompetensi yang dibutuhkan untuk Masa Depan berdasarkan tingkatan-tingkatannya beserta sub-bagia/dimensi nya masing-masing.!
             Jawaban,
             Kompetensi Tingkat Eksekutif (Mencakup : Strategic Thinking, Change Leadership, dan Relationship Management); Kompetensi Tingkat Manajer (Mencakup : Fleksibilitas, Interpersonal Understanding, Empowerment, Team Facilitation, dan Portability); Terakhir Kompetensi Tingkat Karyawan (Mencakup : Dimensi Fleksibilitas, Dimensi Motivasi Kerja, dan Dimensi Pelayanan).

78.          Dalam hal penilaian dan pengukuran kinerja dengan menggunakan Human Resource melalui pendekatan HR Scorecard, sebutkan pendekatannya dan bagianya.?
             Jawaban,
             Mengidentifikasi HR Competency; Pengukuran High Performance Work System (HPWS); Mengukur HR System Alignment; HR Efficiensi (terdiri dari dua jenis : Pengukuran Efisiensi Inti (Core Efficiency) & Pengukuran Efisiensi Strategik (Strategic Efficiency)); dan HR Deliverable (terdiri atas : Pengukuran HR Performance Driver & Pengukuran Enabler Performance Driver).

79.          Secara umum, metode Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) dapat dikelompokan mmenjadi tiga bagian, uraikan masing-masing.?
             Jawaban,
             (a).On the Job Training/OJT, Materi pendidikan diklat diberikan secara nyata dan dimana peserta program diklat memperhatikan rekan sejawat mereka menyelesaikan suatu pekerjaan yang nantinya akan menjadi tanggung jawab mereka dan kemudian diberi kesempatan untuk melakukannya sendiri di bawah bimbingan rekan sejawat tadi; (b).On Site Training, diklat dilaksanakan setelah jam kerja dengan tetap mempertahankan situasi kerja yang sesungguhnya, sehinngga para peserta memiliki keluasaan untuk bertanya dan mencoba tanpa takut mengganggu penyelesaian pekerjaaan yang menjadi objek program diklat, metode ini dapat menampung peserta yang lebih banyak; (c).Off the Job Training, seperti Simulasi, Pengajar, Studi Kasus (menarik pengalaman dari kasus-kasus nyata) dan bermain peran (Role Playing).

80.          Dalam tahapan pendekatan sistematik, evaluasi pasca-pelaksanaan program diklat dilakukan dengan suatu metode, dan metodenya evaluasinya ialah salah satu atau kombinasi dari beberapa analisis, sebutkan dan berikan pemaparannya.?
             Jawaban,
             (a).Cost Benefit Analysis, yakni analisis manfaat finansial dengan membandingkan penyelenggaran diklat dengan keberhasilan yang dicapai; (b).Goals Achievement Analysis, yakni mengkaji seberapa jauh tujuan-tujuan program diklat yang telah ditetapkan sebelumnya dapat dicapai; dan terakhir (c).Four Levels Analysis, yakni mengukur keberhasilan suatu program secara berjenjang, mulai dari kepuasan para perserta, kemudian Peningkatan keterampilan/keahlian, dan mengubah perilaku kearah yang lebih kondusif (mendukung) terhadap pekerjaan, serta dampak program diklat terhadap kinerja organisasi.

MODUL 6 :
“BIROKRASI DAN PELAYANAN PUBLIK BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI”

81.          Apa yang dimaksud dengan layanan berkualitas?
             Jawaban,
             Layanan berkualitas adalah layanan yang cepat, menyenangkan, tidak mengandung kesalahan,   mengikuti proses dan prosedur yang telah ditetapkan lebih dahulu. Jadi pelayanan yang  berkualitas itu tidak hanya ditentukan oleh pihak yang melayani, tetapi juga pihak yang ingin dipuaskan. Perinsipnya yang melayani senang yang dilayanipun senang dan puas.
               
82.          Sebutkan dan jelaskan prinsip-prinsip pelayanan berkualitas!
             Jawaban,
             Prinsip-prinsip layanan berkualitas antara lain: pertama, proses dan prosedur harus ditetapkan  lebih awal. Kedua, proses dan prosedur itu harus diketahui oleh semua pihak yang terlibat.  Ketiga, disiplin bagi pelaksana untuk mentaati proses dan prosedur. Keempat, perlu peninjauan  proses dan prosedur oleh pimpinan, sewaktu-waktu dapat dirubah apabila perlu. Kelima, perlu   penciptaan iklim yang kondusif bagi pengembang budaya organisasi untuk menciptakan kualitas  layanan. Keenam, kualitas berarti memenuhi keinginan, kebutuhan dan selera konsumen. Ketujuh, setiap orang dalam organisasi merupakan partner dengan orang lainnya.
               
83.          Apa yang dimaksud dengan manajemen kualitas?
             Jawaban,
             Relevan dengan arti layanan berkualitas, manajemen kualitas sesungguhnya adalah suatu langkah   untuk mengurangi kesalahan atau mencegah timbulnya kesalahan, sehingga penghematan dapat dilakukan dalam bentuk mencegah terjadinya kesalahan.
               
84.          Berikan satu contoh pelayanan berkualitas!
             Jawaban,
             Contoh pelayanan berkualitas, misalnya pelayanan kantor pos. Jika seseorang ingin suratnya cepat sampai di tempat tujuan, boleh menggunakan pos Patas atau kilat khusus dengan pembayaran lebih tinggi daripada pos biasa, tetapi ada jaminan bahwa surat patas atau kilat khusus akan tiba pada si alamat dalam jangka waktu sekian jam atau hari. Jika surat itu betul-betul sampai pada si alamat dalam jangka waktu yang dijanjikan, maka terpenuhilah sudah  apa yang dikatakan layanan berkualitas.
               
85.          Sebutkan bentuk-bentuk pelayanan umum!
             Jawaban,
             Pelayanan umum dapat berbentuk: layanan secara lisan, layanan melalui tulisan dan layanan  melalui perbuatan.
               
86.          Apa yang dimaksud dengan layanan lisan?
             Jawaban,
             Layanan dengan lisan biasanya dilakukan oleh petugas-petugas di bidang hubungan masyarakat  atau HUMAS, bidang layanan informasi dan bidang-bidang lain yang tugasnya memberikan penjelasan atau keterangan kepada siapapun yang memerlukan agar layanan lisan berhasil dan  sesuai dengan yang diharapkan.
               
87.          Syarat-syarat apa saja yang harus dipenuhi oleh pelaku layanan lisan?
             Jawaban,
             Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pelaku layanan lisan, misalnya: memahami benar  masalah-masalah yang termasuk dalam bidang tugasnya. Mampu memberikan penjelasan yang  perlu dengan lancar, singkat tetapi jelas sehingga memuaskan pihak yang ingin memperoleh  kejelasan mengenai sesuatu hal. Tidak ngobrol dan bercanda dengan teman walaupun tidak ada tamu. Ini bukan berarti tidak boleh ngobrol dan canda, tetapi bisa melihat situasi dan  mempergunakan waktu dengan maksimal untuk kepuasan pelayanan. Jika ini terjadi akan  menimbulkan kesan tidak disiplin dan melalaikan tugas. Tamu menjadi segan untuk bertanya dengan memutuskan keasikan "ngobrol". Tidak melayani orang-orang yang ingin sekedar  "ngobrol" dengan cara yang sopan.
               
88.          Apa yang dimaksud dengan layanan tulisan?
             Jawaban,
             Layanan tulisan terdiri atas dua golongan yaitu: Pertama, layanan berupa petunjuk, informasi dan  yang sejenisnya ditugaskan pada orang-orang yang berkepentingan, agar memudahkan mereka  dalam berurusan dengan instansi atau lembaga. Kedua, layanan berupa reaksi tertulis atas permohonan, laporan, keluhan, pemberian atau pengarahan, pemberitahuan dan sebagainya.
               
89.          Petunjuk-petunjuk apa saja yang harus ada di dalam gedung yang melayani   kepentingan umum?
             Jawaban,
             Petunjuk yang harus ada dalam gedung bagi lembaga yang melayani kepentingan umum antara  lain: petunjuk bagi tempat bertingkat. Petunjuk ruang kerja sesuai dengan susunan organisasi.  Petunjuk mengenai syarat-syarat mendapatkan hak-hak tertentu beserta biaya yang diperlukan.  Petunjuk tempat-tempat khusus selain tempat kerja seperti: kantin, kamar kecil pria/wanita,  ruang rapat, ruang tunggu, ruang kontrol, ruang dapur. Petunjuk tempat alat-alat keselamatan  kerja. Cara penggunaan alat-alat tanda bahaya kebakaran yang bukan otomatis. Serta cara-cara menyelamatkan diri dari bahaya kebakaran.
               
90.          Petunjuk-petunjuk apa saja yang harus ada di luar gedung yang melayani  kepentingan umum?
             Jawaban,
             Petunjuk yang harus ada di luar gedung adalah petunjuk masuk/keluar halaman kantor. Petunjuk  parkir kendaraan roda empat dan roda dua. Petunjuk lainnya yang dapat dibuat sendiri sesuai  dengan keperluan lembaga yang bersangkutan.
               
91.          Apa tujuan utama dari petunjuk di dalam dan luar gedung pelayanan umum?
             Jawaban,
             Petunjuk yang ada dalam gedung maupun di luar gedung mempunyai tujuan utama yaitu  Pertama, memudahkan bagi semua pihak yang berkepentingan. Kedua, memperlancar urusan  dan menghemat waktu bagi kedua pihak, baik petugas maupun pihak yang memerlukan  pelayanan. Ketiga, menuntun orang ke arah yang tepat.
               
92.          Jelaskan siapa pelaku layanan umum yang berbentuk perbuatan!
             Jawaban,
             Pada umumnya layanan dalam bentuk perbuatan 70-80% dilakukan oleh petugas-petugas  tingkat menengah dan bawah. Karena itu faktor keahlian dan keterampilan petugas tersebut sangat menentukan terhadap hasil perbuatan atau pekerjaan.
               
93.          Upaya apa yang perlu diperhatikan berkaitan dengan kualitas hasil pekerjaan?
             Jawaban,
             Upaya yang perlu diperhatikan berkaitan dengan faktor kualitas hasil pekerjaan, antara lain:  adanya kesungguhan dalam melakukan pekerjaan dengan motif mulia, yaitu ikhlas karena Alloh  semata-mata. Adanya keterampilan khusus untuk menangani pekerjaan. Untuk itu pekerja harus   memiliki keterampilan yang diisyaratkan, atau jika belum memiliki harus terlebih dahulu  mendapatkan pendidikan dan atau latihan yang sepadan. Di samping itu disiplin dalam: waktu  seperti tepat waktu, memahami prosedur dan metode yang telah ditentukan.
               
94.          Apa sasaran manajemen pelayanan umum?
             Jawaban,
             Sasaran manajemen pelayanan umum sederhana saja yaitu kepuasan. Meskipun sasaran itu sederhana tetapi untuk mencapainya diperlukan kesungguhan dan syarat-syarat yang sering kali tidak mudah dilakukan. Hal ini berkaitan dengan masalah kepuasan yang tidak dapat diukur  secara pasti tetapi relatif.
               
95.          Persyaratan pokok apa yang harus dipenuhi petugas layanan agar layanannya  dapat memuaskan pelanggan?
             Jawaban,
             Persyaratan pokok yang harus dipenuhi si petugas agar layanannya dapat memuaskan seseorang atau sekelom-pok orang yang dilayani adalah antara lain tingkah laku yang sopan.  Cara menyampaikan sesuatu yang berkaitan dengan apa yang seharusnya diterima oleh orang  yang bersangkutan. Waktu menyampaikan yang tepat dan keramahtamahan.
               
96.          Bagaimana perwujudan keramahtamahan dalam pemberian pelayanan umum?
             Jawaban,
             Perwujudan keramahtamahan dapat ditandai melalui: cara pembicaraan wajar, dalam arti tidak dibuat-buat. Cukup jelas, tidak menimbulkan keraguan. Disampaikan dengan hati tulus dan terbuka serta gaya bahasa sopan dan benar.




MODUL 7 :
“PENYELENGGARAAN MANAJEMEN PELAYANAN, BENTUK DAN SASARAN LAYANAN”

97.          Sebutkan Empat Unsur Proses dan Empat Unsur Proses Layanan.!
             Jawaban,
             Empat Unsur Proses yakni maksud tujuan, sistem/prosedur, kegiatan, dan pelaksana; sedangkan dalam hal pelayanan sebagai suatu proses, unsur proses layanan dipersempit menjadi tugas layanan, prosedur layanan, kegiatan layanan, dan pelaksana layanan.

98.          Makna etika (kebiasan, watak) sesungguhnya mengacu pada masing-masing pribadi seseorang yang mempunyai kebiasaan, akhlak atau watak tertentu. Sebutkan unsur pembentukan watak.?
             Jawaban,
             Pembentukan watak ini merupakan tingkat tertinggi dari ranah efektif, yang meliputi : menerima (receiving), merespons (responding), menilai (evaluating), mengorganisasi (organizing), dan karakterisasi (characterizing).

99.          Dalam kaitannya dengan moralitas, sebutkan dan jelaskan moralitas menurut Poespoprodjo.?
             Jawaban,
             Moralitas Objektif, memandang perbuatan semata-mata sebagai perbuatan yang telah dilakukan, terlepas dari pengaruh sukarela pihak pelaku. Sedangkan, Moralitas Subjektif, memandang perbuatan sebagai perbuatan yang dipengaruhi oleh pengertian dan persetujuan  individu  yang bersangkutan.

100.       Kemukakan beberapa alasan Etika tetap diperlukan sekalipun sudah ada Norma Hukum.!
             Jawaban,
             Norma hukum tidak mencakup semua aktivitas manusia; norma hukum cepat ketinggalan Zaman karena perubahan yang terjadi dalam masyarakat; mekanisme pasar tidak memberikan sinyal secara efektif kepada pemilik dan manajer perusahaan untuk merespon  situasi krisis yang mempunyai dampak etis dikemudian hari; masalah etika mensyaratkan pemahaman dan kepedulian terhadap kejujuran, keadilan, dan proseduryang wajar terhadap manusia, kelompok manusia dan masyarakat; dan asas legalitas harus dibedakan dari asas moralitas.

101.       Berikan definisi sikap menurut Moenir (1998).!
Jawaban,
Sikap ialah suatu bentuk aktivitas akal dan pikiran yang ditunjukan pada objek tertentu yang sedang dihadapi. Jadi, sikap adalah relatif, sangat tergantung pada situasi dan objeknya.

102.       Apa yang dimaksud dengan Justitia Legalis atau Justitia Generalis.!
Jawaban,
             Justitia Legalis atau Justitia Generalis, yaitu keadilan yang menuntut ketaatan setiap orang terhadap semua kaidah hukum dan kaidah sosial lainnya demi ketertiban dan kesejahteraan masyarakat.

103.       Pada dasarnya sikap umum orang terhadap suatu objek tertentu minimal ada delapan macam, hal ini juga berlaku bagi pegawai terhadap objek tugas/pekerjaan yang dibebankan kepadanya, sebutkan delapan macam sikap yang anda ketahui.!
             Jawaban,
             Sikap menerima; Sikap curiga; Sikap ragu-ragu; Sikap menolak; Sikap pura-pura;  Sikap tidak menentu; Sikap ketergantungan; Sikap tidak peduli (apatis).

104.       Sebutkan dan jelaskan empat macam cara dalam interaksi sosial yang dapat mengubah sikap.?
             Jawaban,
             Adopsi, yaitu penyerapan dari peristiwa atau kejadian yang berulang-ulang sehingga dapat merasuk kedalam jiwanya dan mempengaruhi sikap semula terhadap suatu objek; Diferensiasi, yakni bertambahnya masa kerja, pengalaman, pengetahuan yang diperoleh dalam organisasi, mempengaruhi sikapnya terhadap pekerjaan dan lingkungannya; Integrasi, yaitu perubahan sikap tertentui terhadap suatu objek, menjadi sikap baru sebagai perubahan sikap lama atau pembentukan sikap; dan Trauma, yaitu suatu pengalaman yang sangat membekas dalam jiwanya, yang tidak dapat dilupakan selama hidupnya.

105.       Berikan pengertian sikap dan tingkah laku  dalam kaitannya dengan masalah “Pelayanan Umum”.?
             Jawaban,
             Sikap,  merupakan  hasil proses rasa dan pikir mengenai objek tertentu setelah dirangsang baik dari dalam maupun dari luar. Sedangkan Tingkah Laku adalah bentuk nyata suatu perbuatan untuk mencapai apa yang diinginkan, baik berupa benda atau kepuasan tertentu.

106.       Sebutkan beberapa dikotomi pelayanan publik menurut jenis pelayanan.?
             Jawaban,
             Pelayanan Pemerintahan; Pelayanan Pembangunan; Pelayanan Utilitas; Pelayanan Sandang, Pelayanan Pangan, dan Papan; serta Pelayanan Kemasyarakatan.

107.       Layanan umum yang dilakukan oleh siapapun, bentuknya tidak terlepas dari Tiga Macam, sebutkan 3 Bentuk Layanan Publik.!
             Jawaban,
             Layanan Secara Lisan; Layanan melalui Tulisan; dan Layanan melalui Perbuatan.

108.       Dalam segi teknis pelaksanaan yang langsung dilapangan, apa yang menjadi kriteria/persyaratan pokok agar layanan dapat memuaskan kepada seseorang atau sekelompok orang yang dilayani.?
             Jawaban,
             Tingkah laku yang sopan; Cara menyampaikan sesuatu yang berkaitan dengan apa yang seharusnya diterima oleh orang yang bersangkutan; Waktu menyampaikan yang tepat; dan Keramahtamahan.

109.       Sasaran manajemen pelayanan yaitu kepuasan sekaligus merupakan produk yang dapat berbentuk berupa.?
             Jawaban,
             Produk yang dimaksud dalam hubungan dengan sasaran manajemen pelayanan, yaitu kepuasan yang dapat berbentuk Barang; Jasa; dan Surat-surat Beharga.

MODUL 8 :
“PENGUKURAN EFEKTIVITAS ORGANISASI”

110.       Sebutkan sembilan belas variabel yang digunakan secara luas sebagai Ukuran Univariasi yang digukanan untuk menentukan Keberhasilan Organisasi/Efektivitas Organisasi.?
Jawaban,
Efektivitas Keseluruhan;  Kualitas; Produktivitas; Kesiagaan; Efisiensi; Laba atau Penghasilan; Pertumbuhan; Pemanfaatan Lingkungan; Stabilitas; Perputaran atau Masuknya Pekerja; Kemangkiran; Kecelakaan; Semangat; Motivasi; Kepuasan; Penerimaan Tujuan Organisasi; Kepaduan Konflik-konflik kelompok; Keluwesan Adaptasi; dan Penilaian Oleh Pihak Luar.

111.       Dalam ukuran Univariasi ukuran Efektivitas Organisasi diantaranya berdasarkan beberapa variabel, apa yang menjadi ukuran efektivitas organisasi jika dilihat dari perspektif Kepaduan Konflik-konflik kelompok.!
Jawaban,
Dimensi berkutub dua, yang dimaksud kutub kepaduan adalah fakta bahwa para anggota organisasi saling menyukai satu sama lain, bekerja sama dengan baik, berkomunikasi sepenuhnya dan secara terbuka, dan mengkoordinasikan usaha kerja mereka.
Pada kutub yang lain terdapat organisasi penuh pertengkaran baik dalam bentuk kata-kata maupun secara fisik, koordinasi yang buruk, dan komunikasi tidak efektif.

112.       Baik dari sudut pandangan teoritis maupun kepemimpinan perlu adanya efisiensi, bedakan dan jelaskan masing masing efisiensi berdasarkan jenisnya.!
Jawaban,
Efisiensi Potensial, yakni tingkat efisensi optimal dimana organisasi secara teoritis dapat berfungsi dengan ciri unik mereka sendiri beserta proses, produk dan seterusnya;
Sedangkan Efisiensi yang nyata menggambarkan nisbah/laba yang sesungguhnya dicapai oleh organisasi.

113.       Apa sajakah yang menjadi masalah-masalah dalam pengukuran Efektivitas Organisasi.?
Jawaban,
Masalah kesahihan susunan; Masalah stabilitas kriteria; Masalah Perspektif Waktu; Masalah Kriteri Ganda; Masalah ketelitian  pengukuran; Masalah kemungkinan generalisasi; Masalah relevansi teoritis; dan Masalah tingkat analisis.

114.       Pengaruh terhadap Efektivitas Organisasi di tentukan dalam empat faktor utama yang dianggap ada hubungannya dengan efektivitas. Sebutkan faktor tersebut dan jelaskan masing-masing bagiannya.1
Jawaban,
Ciri Organisasi, yakni organisasi sebagai wadah atau alat tempat sekelompok orang bekerjasama secara rasional untuk mencapai tujuan tertentu; Ciri Lingkungan, dapat dilihat dari dua segi yaitu Lingkungan Luar dan Lingkungan Dalam; Ciri Pekerja (Kemampuan & Keahlian); serta Kebijakan dan Praktik Manajemen.

115.       Sekurangnya ada Enam Faktor struktur yang dapat dikenali, ternyata mempengaruhi beberapa segi Efektivitas Organisasi, Sebutkan masing-masing.?
Jawaban,
Tingkat Desentralisasi; Spesialisasi Fungsi; Formalisasi; Rentang Kendali; Ukuran (Besarnya) Organisasi; dan Ukuran Unit Kerja.

116.       Mengapa peranan Teknologi berkaitan erat dalam Pengukuran Efektivitas Organisasi, apa yang menjadi sifat peranan  yang dimainkan oleh faktor-faktor teknologi, jelaskan.?
Jawaban,
Sifat Teknologi itu sendiri yakni peranan teknologi dalam organisasi bahwa dimensi teknologi memperlihatkan proses-proses mekanis atau intelektual, lewat mana organisasi mengubah masukan atau bahan baku menjadi luaran; Jenis-jenis Teknologi (perangkat yang menjadi sarana penggunaan teknologi); dan Teknologi, Struktur, dan Efektivitas.

117.       Sebutkan dan jelaskan tiga kategori teknologi yang terutama didasarkan pada tingkat kerumitan teknis proses produksinya menurut apa yang dikumukakan oleh Woodward 1965.!
Jawaban,
Produksi Partai Kecil dan Produksi Satuan, yakni produk dibuat berdasarakan pesanana dalam jumlah kecil dan berdasarkan spesifikasi konsumen;
Produksi Massa, yakni produk dibuat secara “lini rakit”;
Produksi Proses Bersinambung, produk yang merupakan hasil transformasi bahan mentah menjadi barang jadi melalui tranformasi yang menggunakan serangkaian mesin atau proses.

118.       Dari segi Ukuran, Bentuk, dan Tujuannya teknologi dapat digolongkan menjadi beberapa kelompok, sebutkan dan jelaskan seperti yang telah diajukan oleh Thompsoon (1967).!
Jawaban,
Teknologi Berantai/Rangkaian Panjang, dengan ciri adanya saling kaitan serial dari jumlah operasi atau departemen yang berbeda;
Teknologi Perantara, dengan ciri berupa adanya hubungan antar unit atau elemen suatu sistem yang sebenarnya mandiri melalui perantara penggunaan prosedur operasi standar; dan
Teknologi Intensif, yang ditandai oleh keunikan dari urusan Tugas.

119.       Pengelompokan jenis teknologi menurut Hickson (1971) mengenai organisasi-organisasi di inggris yang sangat berbeda-beda dalam ukuran, bentuk, dan tujuannya, mereka menggunakan kategori teknologi untuk berbagai tujuan, sebutkan kategori teknologi beserta tujuannya masing-masing.!
Jawaban,
Teknologi Operasi, yang mengutamakan teknik-teknik yang dipergunakan dalam kaitan “arus kerja” dalam sebuah organisasi;
Teknologi Bahan, yang memusatkan perhatian pada jenis-jenis bahan yang dipakai dalam arus kerja; dan
Teknologi Pengetahuan, yang memusatkan perhatian pada jumlah, kualitas, tingkat kerumitan, dan pemencaran informasi yang relevan bagi pengambilan keputusan dan produksi dalam organisasi.


MODUL 9 :
“ISU, HAMBATAN, & ARAH KEBIJAKSANAAN PELAYANAN UMUM, SERTA LANGKAH-LANGKAH YANG PERLU DIAMBIL”

120.       Masalah pokok apa sajakah yang menjadi isu dalam rangka peningkatan peran serta masyarakat yang diungkap dalam PELITA V dan Era Reformasi Administrasi Negara ke Administrasi Publik, sebutkan.!
Jawaban,
Kemampuan dan cara pendekatan Aparatur Pemerintah dalam menyelenggarakan pembangunan yang menjangkau  kebutuhan seluruh lapisan masyarakat belum memadai; Sebagian masyarakat masih belum sepenuhnya menyadari bahwa pembangunan adalah untuk mereka; dan Meskipun sudah ada Peraturan Pemerintah yang mengatur tentang pelayanan umum, namun masih kental dengan kepentingan aparatur birokrasi semata dan kurang jelas hak-hak dan kewajiban anatara aparat pelayanan dengan masyarakat yang dilayanai.;

121.       Apa yang menjadi penyakit-penyakit birokrasi (patologi birokrasi).?
Jawaban,
Patologi yang timbul Karena persepsi dan gaya manajerial para pejabat dilingkungan birokrasi;
Patologi yang timbul Karena kurang atau rendahnya pengetahuan dan keterampilan para petugas pelaksana berbagai kegiatan operasional;
Patologi yang timbul Karena tindakan para anggota birokrasi melanggar norma-norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
Patologi yang dimanifestasikan dalam perilaku para birokrasi yang bersifat disfungsional atau negatif; dan
Patologi yang merupakan akibat situasi internal dalam berbagai instansi dalam lingkungan pemerintah.

122.       Menurut Siagian terdapat Lima kelompok penyakit (Patologi) dalam birokrasi, sebutkan,!
Jawaban,
Persepsi dan Gaya Manajerial; Pengetahuan dan Keterampilan; Tindakan Melanggar Hukum; Patologi Berkaitan dengan Perilaku; dan Patologi Berkaitan dengan Situasi Internal.

123.       Apa yang menjadi peluang, tantangan dan ancaman dalam era globalisasi.!
Jawaban,
Peluangnya adalah terbukanya kesempatan pasar dunia tanpa dihambat oleh berbagai ketentuan proteksi yang selama ini ada diberbagai negara;
Tantangannya adalah kemampuan untuk mendayagunakan seluruh sumber daya yang kita miliki secara efektif dan efisien; serta
Ancamannya akan muncul jika kita kalah bersaing dan pangsa pasar produk kita direbut oleh negara-negara lain, baik di pasar luar negeri maupun dalam negeri.

124.       Sebutkan aspek-aspek kinerja dalam birokrasi.!
Jawaban,
Mutu Pelayanan Aparatur Negara; dan Permasalahan yang dihadapi Masyarakat.

125.       Apa saja yang biasa menjadi permasalahan yang sering dihadapi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dari aparat pemerintah secar umum.!
Jawaban,
Pelayan Paspor; Pengurusan KTP; Pelayanan STNK dan SIM; Pelayanan Surat IMB; Pengurusan Izin yang diperlukan untuk perusahaan; Mengulas Manajemen Mutu Terpadu (MMT) di perguruan tinggi.

126.       Di dalam struktur pemerintah dewasa ini, pelayanan umum diberikan oleh instansi-instansi sebagai berikut, sebutkan.!
Jawaban,
Pemerintah Daerah Tingkat II;  BUMN yang meliputi barang dan jasa khusus; BUMD yang meliputi barang kemanfaatan umum; UPT Departemen/Instansi Pemerintah daerah dalam hal program pembanguna  sektoral; dan Departemen/Lembaga atau Pemerintah Daerah untuk perizinan di bidang usaha.

127.       Untuk menciptakan transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pelayanan dengan sasarannya adalah kualitas pelayanan, Kementerian PAN telah menyusun beberapa pedoman, sebutkan.!
Jawaban,
Keputusan Menpan No. 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik;
Keputusan Menpan No. 25 Tahun 2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat;
Keputusan Menpan No. 26 Tahun 2004 tentang Petunjuk Teknis Transparansi dan Akuntabilitas dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik; dan
Peraturan Menpan No. PER/20M.PAN/04/2006 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Publik.

128.       Apa saja yang menjadi alur pikir dari isi dan konsep dalam hal pengembangan administrasi manejemen/bisnis menghadapi/memasuki Era Globalisasi.!
Jawaban,
Liberalisasi Kebijakan; Sumber Daya Manusia; dan Administrasi.

129.       Sebutkan beberapa langkah pemecahan dan alternatif kebijakan yang direkomendasikan.!
Jawaban,
Alternatif-alternatif kebijakan tersebut dapat dideskripsikan sebagai berikut :
Perlu membentuk Undang-undang pelayana publik yang memihak pada rakyat;
Perlu membentuk lembaga Ombudsman didaerah; perlu dilakukan restrukturisasi birokrasi pelayanan publik;
Perlu ada UU dan Perda  yang jelas mengatur secara seimbang hak dan kewajiban dari penyelenggara dan penggunba pelayanan publik; dan
Perlu ada UU Teknologi informasi yang mengatur E-Government, sebagai upaya untuk menciptakan efisiensi, akuntabilitas, dan transparansi pelayanan publik.

130.       Sebutkan kebijaksanaan strategi yang diperlukan dalam mewujudkan kemampuan aparatur negara dalam meningkatkan partisipasi masyarakat.!
Jawaban,
Kebijaksanaan pembenahan kedalam; kebijaksanaan makro yang diarahkan untuk mendorong partisipasi masyarakat; dan kebijaksanaan pemanfaatan ICT secara menyeluruh diseluruh sendi-sendi kehidupan, terutama yang berkaitan dengan pelayanan publik.


Jangan lupa meninggalkan jejak dikolom komentar, saya harapkan ada penambahan materi lagi sehingga lebih oke melalui kolom komentar ya..!

No comments:

Post a Comment

今生缘 (jīn shēng yuán) Affinities of this life | Lyrics Translation

今生缘 (jīn shēng yuán) Affinities of this life | Lyrics Translation 作词/作曲/演唱: 川子 zuò cí/zuò qǔ/yǎn chàng:chuān zǐ Lyricist/Composer/Artist: Ch...