Friday, April 29, 2016

CARA CEK LEGALITAS IJAZAH DI PANGKALAN DATA PT DIRJEN DIKTI (PDDIKTI)

Ingin mengetahui apakah ijazah yang kita miliki terdaftar atau tidak di Perguruan Tinggi, karena biasanya lulusan atau mahasiswa terutama dari PTS terkadang tidak terdaftar di Di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Pengecekan status mahasiswa di Portal ini bisa untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) baik jenjang Diploma (DI, DII, DIII, DIV), Strata 1 (SI), Strata 2 (S2), dan Strata 3 (S3).

Berikut ini cara cek LULUSAN atau Mahasiswa di Portal Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi atau portal PDDIKTI.

Pertama, Buka alamat utamanya di http://forlap.dikti.go.id/ atau langsung menuju link berikut untuk mengetahui profil mahasiswa http://forIap.diktigoid/mahasiswa atau KLIK DISINI.

Kedua, Isi format yang tersedia yakni Tulis Nama Perguruan Tinggi (misalnya UNIVERSITAS TERBUKA) tulis sebagian dan kata itu nanti akan muncul pilihan yang dapat kita pilih. Lalu Program Studi dan Jurusan, Kemudian Tulis Kata Kunci dengan menulis Nama atau NIM selanjutnya tulis KODE CAPTCHA.
Ketiga, Klik tombol CARI MAHASISWA.

Keempat, Jika sudah ditemukan, KLIK pada NAMA, maka akan muncul status mahasiswa tersebut apakah masih aktif atau sudah lulus. Bahkan akan diketahui tanggal Iulusnya.

Profil Mahasiswa pada Tab "Riwayat Status Kuliah"

Profil Mahasiswa pada Tab "Riwayat Studi"
Setelah mengetahui cara mengecek terdaftar atau tidaknya mahasiswa seperti gambar di atas, website tersebut juga bisa untuk mengecek beberapa hal sebagai berikut :
Oke semoga bermanfaat sobat, silahkan share biar tidak lupa.

No comments:

Post a Comment

今生缘 (jīn shēng yuán) Affinities of this life | Lyrics Translation

今生缘 (jīn shēng yuán) Affinities of this life | Lyrics Translation 作词/作曲/演唱: 川子 zuò cí/zuò qǔ/yǎn chàng:chuān zǐ Lyricist/Composer/Artist: Ch...