Sunday, October 30, 2016

Susunan Acara Majlis Tak’lim / Pengajian Muslimat / Keagamaan

SUSUNAN ACARA
PENGAJIAN MUSLIMAT ANAK CABANG
KECAMATAN PINOH UTARA TAHUN 201.....

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh...
          Alhamdulillahi rabbil 'alamin, wa bihi nasta'iinu 'alaa umuuriddunya waddiin, wash shalatu was salamu 'alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa 'ala aalihi wa ash-habihi ajma'in, amma ba'du :

Yang Kami hormati... 
  • Ketua Pengurus cabang Muslimat Kab. Melawi (_______________) beserta rombongan. 
  • Ketua Pengurus anak cabang Muslimat Kec. Pinoh Utara (_______________).
  • Ketua Pimpinan Masjid (_______________) Bapak/Ibu (_______________) yang kebetulan mendapatkan giliran tempat penyelenggaraan kegiatan (_______________) pada (siang/malam) hari ini.
  • Serta bapak dan Ibu-ibu jamaah (pengajian Muslimat) yang di Rahmati Allah, hadirin dan hadirat sekalian yang saya hormati.

            Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah swt, berkat limpahan rahmat, taufik dan hidayah-Nya kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal'afiat serta di karunia berbagai nikmat sehingga dapat menghadiri bersama dalam acara (_______________) yang diadakan tiap (_______________) sekali, yang kebetulan sekarang di laksanakan di (_______________).

Kedua kalinya semoga shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad saw. yang telah membawa agama Islam, sebagai satu-satunya agama yang di ridhai Allah swt. yang kita ikuti dan pegang erat-erat hingga akhir hayat kita, aamiin.

Hadirin dan hadirat yang berbahagia.
            Sebagai pembawa acara (MC / Master of Ceremony) kiranya perlu saya bacakan susunan acara pada pertemuan pengajian rutin pada (siang/malam) hari ini, yaitu: 
1. Pembukaan.
2. Pembacaan kalam Ilahi / pembacaan ayat suci Al-Qur'an.
3. Kata sambutan oleh :
    a. Ketua Pengurus cabang Muslimat Kab. Melawi (_______________) beserta rombongan.
    b. Ketua Pengurus anak cabang Muslimat Kec. Pinoh Utara (_______________).
    c. Ketua Pimpinan Masjid (_______________) Bapak/Ibu (_______________).
4. Inti Acara : Mauidhatul Hasanah
5. Pengumuman
6. Penutup/do'a

1)    Pembukaan :
Demikian susunan acara pada pengajian rutin malam hari ini.
Sebelum kita melanjutkan pada acara berikutnya, marilah kita buka acara ini dengan bacaan "Surat A1-Fatihah", ilaa hadhratin nabiiyyil musthafa muhammadin saw. wa aalihi wa as-haabihi al-fatihah;
***pembacaan Surat Al-Fatihah bersama***
Terima kasih atas bacaan "Surat Al-Fatihah" tadi, mudah-mudahan acara pada malam hari ini berjalan dengan lancar tanpa ada suatu aral yang melintang.

2)   Pembacaan Kalam Ilahi :
Acara yang kedua yaitu pembacaan ayat-ayat suci A1-Qur'an yang akan dibacakan oleh saudara/i (_______________) dan tilawah oleh saudara/i (_______________), kepadanya kami persilahkan.
***pembacaan ayat-ayat suci A1-Qur'an oleh qari' / qari'ah***
Terima kasih kami sampaikan, mudah-mudahan pahalanya dilimpahkan kepada kita semua, utamanya kepada qari' yang membacanya.

3)   Kata Sambutan Pimpinan Jam'iyah Majlis Ta'lim :
      a. Sebelum memasuki acara inti yaitu mauidhatul hasanah, kini marilah kita ikuti terlebih dahulu sambutan (_______________), dalam hal ini akan di sampaikan oleh yang terhormat (_______________), kepada beliau kami persilahkan.
***mendengarkan kata sambutan***
      b. Kepada (_______________) kami sampaikan banyak terima kasih.
     c. Selanjutnya kata sambutan dari (2,3 dst/_______________), dalam hal ini akan di sampaikan oleh yang terhormat (_______________), kepada beliau kami persilahkan.
***mendengarkan kata sambutan***
      d. Kepada (_______________) kami sampaikan banyak terima kasih.

4)   Mauidhatul Hasanah :
Kini sampailah kita pada acara inti pada malam hari ini, yaitu mauidhatul hasanah, yang akan disampaikan oleh (yang terhormat bapak/ibu _______________), kepada beliau kami persilahkan.
***mendengarkan materi dari narasumber***
Kepada yang terhormat bapak bapak/ibu _______________) kami sampaikan banyak-banyak terima kasih, mudah-mudahan petuah dan nasehat (mauidhatul hasanah) tadi bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

5)   Pengumuman :
Hadirin dan hadirat yang kami hormati.
Sebelum memasuki puncak acara yaitu do'a, marilah kita ikuti terlebih dahulu beberapa pengumunan yang akan disampaikan oleh (_______________), dalam hal ini akan disampaikan oleh bapak (_______________), kepadanya kami persilahkan.

Demikianlah tadi beberapa pengumunan yang telah disampaikan oleh bapak M. Maulana, mudah-mudahan kita dapat memakluminya.

6)   Penutup/Do'a:
Acara demi acara telah kita lalui bersama, kini sampailah kita pada puncak acara pada pertemuan malam hari ini, yaitu pembacaan do'a yang akan dipimpin oleh (_______________). 
 
Namun sebelum do'a dimulai, izinkanlah kami selaku pembawa acara mohon maaf yang sebesar-besarnya, bila ada tutur kata dan sikap kami yang kurang berkenan di hati bapak, ibu, hadirin hadirat sekalian. 
 
Juga kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu baik waktu maupun biaya atas terlaksananya kegiatan ini.
Akhirul kalam
Walllahul Muwaffiq ilaa aqwamittoriq.
Wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kepada (_______________) kami persilahkan untuk memimpin do'a sekaligus menutup acara ini.

No comments:

Post a Comment

今生缘 (jīn shēng yuán) Affinities of this life | Lyrics Translation

今生缘 (jīn shēng yuán) Affinities of this life | Lyrics Translation 作词/作曲/演唱: 川子 zuò cí/zuò qǔ/yǎn chàng:chuān zǐ Lyricist/Composer/Artist: Ch...